Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) telah terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional maupun internasional. Lembaga akreditasi independen ini memastikan kegiatan akademik di FTMD dijalankan dengan kualitas dan integritas yang tinggi sehingga lulusan FTMD memiliki sifat kompetitif serta integritas tinggi dan mampu bersaing secara global. Akreditasi ini juga menjamin penelitian yang dilakukan FTMD memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya lembaga akreditasi yang memiliki mandat resmi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan paradigma baru penyelenggaraan pendidikan tinggi, meningkatkan relevansi, suasana akademik, organisasi kelembagaan, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi

Berdasarkan akreditasi terkini BAN-PT tahun 2020, semua program sarjana di FTMD mendapatkan akreditasi ‘Unggul’ (Peringkat tertinggi akreditasi institusi), sedangkan program studi magister dan doktor mendapatkan akreditasi ‘A’. Hal ini menunjukkan komitmen FTMD untuk terus menjadi yang terbaik di Indonesia.

ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics – Jerman)

ASIIN adalah lembaga akreditasi pendidikan tinggi non-profit asal Jerman yang telah diakui oleh komunitas pendidikan internasional dan memberikan sertifikat akreditasi internasional di bidang teknik, sains, dan matematika. ASIIN menawarkan prosedur sistem atau akreditasi lembaga yang dapat dilengkapi dengan penjaminan mutu untuk lembaga pendidikan ataupun sistem manajemen mutunya. Dalam prosedur akreditasi sistem dan kelembagaan, tidak hanya aktivitas penjaminan mutu individu yang ditinjau, namun juga integrasi sistemik dan pengelolaan.

FTMD, melalui program sarjananya, mendapatkan akreditasi ASIIN pada tahun 2016. Akreditasi ini membuktikan bahwa FTMD memiliki kualitas dan pendidikan serta organisasi yang bertaraf internasional. Dengan adanya ASIIN, mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi ke luar negeri dengan lebih mudah.