Kawasan Tempat Tinggal Mahasiswa

Kawasan Jalan Ir. H. Djuanda.

1. Taman Hewan

Sesuai dengan namanya taman hewan berlokasi tepat berada di belakang Bandung Zoological Garden atau dikenal sebagai Kebun Binatang Bandung. Daerah ini cukup sejuk karena dipenuhi dengan pepohonan. Tempat tinggal di kawasan ini harganya murah juga banyak makanan dan keperluan mahasiswa lainnya seperti laundry dan fotocopy. Kawasan ini dekat dengan kampus sehingga dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar lima menit. Namun, kurangnya pencahayaan ketika malam hari pada kawasan ini membuat mahasiswa perlu berhati-hati. Dalam hal transportasi, terdapat angkot dengan jurusan Cicaheum-Ledeng melintasi daerah ini selama 24 jam.

2. Dago Asri

Perumahan Dago Asri berada di daerah dago menjadi kawasan yang banyak dipilih oleh mahasiswa dari kalangan menengah ke atas. Selain nyaman karena terdapat beberapa fasilitas seperti air hangat, wifi, tv kabel dan lainnya juga disediakan pelayanan kamar seperti laundry. Kawasan ini merupakan kawasan strategis karena dikelilingi tempat makan dan tempat hiburan lainnya di daerah dago.

3. Cisitu

Cisitu merupakan kawasan favorit lainnya yang dihuni berbagai kalangan mahasiswa ITB. Lokasinya terletak mulai dari Cisitu Baru, Cisitu Lama hingga ke Cisitu Indah. Selain lokasi yang relatif dekat (sekitar 10 menit menuju kampus), kawasan Cisitu memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari tempat makan, laundrymini market, tempat hiburan, dan lainnya. Namun, dalam hal transportasi kawasan Cisitu hanya dilintasi angkot hanya sampai jam 9 malam.

4. Pelesiran

Kawasan Plesiran berada di daerah selatan ITB dan juga dekat dengan kampus. Dalam hal transportasi, kawasan ini dilintasi angkot selama 24 jam menjadikan daerah ini sebagai daerah favorit lainnya bagi mahasiswa. Oleh karena jalan utama Pelesiran yang sempit sehingga tidak disarankan bagi mahasiswa yang memiliki mobil. Tempat tinggal pada kawasan ini memiliki harga termurah apabila dibandingkan dengan kawasan favorit lainnya (Cisitu dan Tubagus Ismail). Tempat makan kawasan ini bertebaran di Jalan Taman Sari sehingga memudahkan bagi mahasiswa yang kelaparan pada malam hari.

5. Tubagus Ismail

Kawasan tubagus ismail ini juga menjadi daerah yang terdapat banyak mahasiswa. Tempat tinggal disini ditata layaknya kompleks perumahan disamping itu terdapat pula di dalam gang. Kawasan ini tersebar tempat makan tentunya dengan harga mahasiswa.  Fasilitas tempat tinggal kawasan ini yaitu laundryminimarket, dan poliklinik. Dalam hal transportasi, dilintasi angkot dengan jurusan Sadang Serang-Caringin. Harga kosan pada kawasan ini cukup bervariatif. Berbeda dengan kawasan lainnya, tubagus ismail dekat dengan Pasar Simpang Dago.

6. Ciumbuleuit

Ciumbuleuit terletak di sekitar kawasan Cihampelas bagian utara. Kawasan ini terdapat beberapa tempat tinggal seperti indekos dan apartemen. Apartemen biasanya terletak di jalan utama Ciumbuleuit sedangkan indekos biasanya terdapat pada jalan-jalan kecil dan gang. Harga tempat tinggal pada kawasan ini cukup bervariasi, tetapi secara rata-rata biaya tempat tinggal di kawasan ini lebih tinggi dibandingkan kawasan lainnya. Pada kawasan ini, terdapat banyak working space dan kafe di sepanjang jalan ciumbuleuit utama bahkan hingga bagian paling utara dari jalan ini. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kawasan ini memiliki banyak minimarket dan supermarket. Dalam hal transportasi disarankan mahasiswa membawa kendaraan pribadi maupun transpotasi online dikarenakan angkot tidak melintasi kawasan ini untuk tujuan ke ITB.

7. Dago Pojok

Dago Pojok terletak di bagian utara kawasan Dago. Pada kawasan ini, tidak begitu banyak akses hiburan atau tempat untuk belajar. Dalam berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari terdapat sebuah minimarket yang terletak di bagian luar jalan dago pojok yang mengarah ke Jalan Ir. H. Djuanda. Harga tempat tinggal kawasan ini lebih murah dibandingkan beberapa kawasan lainnya. Daerah ini dekat dengan beberapa sekolah seperti SMPN 35 Bandung dan SMAN 19 Bandung. Oleh karena itu, pada pagi hari dan jam pulang sekolah biasanya jalan ini cukup ramai akibat siswa yang pergi atau pulang sekolah.

8. Sangkuriang

Sangkuriang terletak di kawasan utara kampus ITB Ganesha. Kawasan ini bersebelahan dengan kawasan Cisitu Lama. Berbeda dengan kawasan cisitu lama, Jalan di kawasan Sangkuriang cukup luas sehingga jarang terjadi kemacetan. Pada daerah ini terdapat beberapa kawasan tempat tinggal seperti apartemen, indekos, dan kontrakan. Harga tempat tinggal disini agak lebih tinggi dibandingkan Kawasan Cisitu namun tidak setinggi Kawasan Ciumbuleuit. Dalam hal transportasi, kawasan ini tidak dilintasi angkot sehingga mahasiswa yang tinggal disini biasanya menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online. Pada kawasan ini tidak terdapat banyak tempat makan atau kafe, tetapi terdapat minimarket yang terletak lantai dasar apartemen. Kawasan ini cukup sejuk karena banyak sekali pepohonan. Selain itu, pada kawasan ini terdapat beberapa kantor salah satunya LIPI. Akomodasi lain seperti ATM cukup banyak pada kawasan ini.

9. Kanayakan

Kawasan kanayakan terbagi menjadi dua yaitu Kanayakan Baru dan Kanayakan Lama. Kawasan Kanayakan biasanya ditinggali oleh mahasiswi ITB. Kawasan ini dekat sekali dengan supermarket dan minimarket untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kawasan ini dekat dengan Polman Bandung. Kanayakan Baru memiliki akses langsung dari Jalan Dago tetapi luas jalannya lebih kecil dibandingkan Kanayakan Lama. Pada kawasan ini kebanyakan terdapat indekos yang memiliki rentang harga rata-rata Rp. 950.000 – Rp. 1.800.000. Dalam hal transportasi, kawasan ini tidak dilintasi angkot sehingga mahasiswa yang tinggal disini biasanya menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online. Kawasan ini agak jauh dari ITB ditambah lagi kontur jalan yang sedikit berbukit sehingga apabila ingin berjalan kaki perlu dipertimbangkan waktu tempuhnya.

10. Kawasan Boromeus

Kawasan Boromeus terdapat di sebelah timur kawasan ITB Ganesha. Jenis tempat tinggal di daerah ini berupa indekos. Pada kawasan ini banyak kafe, working space, serta tempat makan karena dekat dengan rumah sakit boromeus dan perkantoran. Kawasan ini cukup sejuk karena banyak pepohonan yang rindang. Harga tempat tinggal disini agak lebih tinggi dibandingkan kawasan Sangkuriang. Pada kawasan ini juga biasanya banyak ditinggali oleh mahasiswa Unpad Dipati Ukur.

11. Kebon Bibit

Berbeda dengan kawasan lainnya yang biasanya terdapat di bagian utara kampus ITB Ganesha, kawasan kebon bibit terletak di bagian selatan kampus ITB lebih tepatnya dekat dengan Gedung Annex ITB. Kawasan ini biasanya menjadi kawasan paling selatan yang banyak ditinggali oleh mahasiswa. Kebon Bibit terletak di bawah Jembatan Pasopati. Tempat tinggal di kawasan ini biasanya terdiri dari indekos dan kontrakan yang dapat disewa bersama. Harga tempat tinggal disini cukup terjangkau sama halnya dengan kawasan Pelesiran. Untuk hiburan dan memenuhi kebutuhan hidup mahasiswa terdapat pasar dan pusat perbelanjaan BALTOS di seberang Gedung Annex ITB.

Asrama Kampus ITB

1. Asrama Kidang Pananjung

Asrama Kidang Pananjung merupakan salah satu asrama ITB yang diperuntukkan untuk mahasiswa TPB khusus laki-laki. Asrama ini berlokasi di Jalan Cisitu Lama VIII nomor 12 Kelurahan Dago, kecamatan Coblong, Bandung. Asrama ini memiliki enam gedung. Sebuah gedung berfungsi sebagai gedung utama sedangkan lima gedung lainnya berfungsi sebagai tempat tinggal mahasiswa. Secara umum berkapasitas 2-3 orang setiap kamarnya. Fasilitas pada asrama ini diantaranya tempat parkir, ruang TV, lapangan, musholla, kamar mandi, meja tenis, taman, dan KP meeting hall. Fasilitas kamarnya ada meja belajar, kursi, tempat tidur, rak buku, lemari, rak sepatu, dan tempat jemuran.

2. Asrama Kanayakan   

Asrama kanayakan merupakan salah satu asrama ITB yang diperuntukkan untuk mahasiswa TPB khusus perempuan. Asrama ini berlokasi di Jl Kanayakan Baru No.43, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Secara umum berkapasitas 2-3 orang setiap kamarnya. Fasilitas pada asrama ini diantaranya pos keamanan, tempat parkir, perpustakaan, aula, dapur, kamar mandi dan toilet, meja tenis, taman. Fasilitas kamarnya ada meja belajar, kursi, tempat tidur, lemari, rak sepatu, dan tempat jemuran.

3. Asrama Sangkuriang 

Asrama sangkuriang adalah asrama yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITB yang terletak di daerah Sangkuriang, tepatnya di Jalan Sangkuriang Dalam no.55, kelurahan Dago, kecamatan Coblong, kota Bandung. Asrama Sangkuriang terdiri dari 4 gedung, yaitu Gedung A, Gedung B, Gedung C, dan Gedung D. Gedung A dan C diperuntukkan bagi mahasiswa perempuan dan Gedung B dan D diperuntukkan bagi mahasiswa laki-laki. Secara umum berkapasitas 2-3 orang setiap kamarnya. Fasilitas asrama nya ada tempat parkir, ruang berkumpul, lapangan, meja tenis, dan taman. Fasilitas kamar nya ada meja belajar, kursi, tempat tidur, kamar mandi dan toilet, lemari, dapur, dan tempat jemuran.

4. Asrama Internasional

Asrama Internasional adalah Asrama Mahasiswa yang diperuntukan bagi Mahasiswa Asing yang berlokasi di Jalan Cisitu Lama No.27, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Secara umum berkapasitas 2 orang setiap kamarnya. Fasilitas di setiap kamar secara umum sama, yang terdiri dari: meja belajar, kursi, tempat tidur, lemari, parkir mobil dan motor, dan lain-lain.

Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi asrama.itb.ac.id