Gedung Sate salah satu destinasi dari Kota Bandung, Jawa Barat.

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memberikan kenangan sendiri untuk orang yang pernah singgah walaupun sebentar. Kota ini dijuluki kota kembang karena memang kota yang dipenuhi aneka pohon dan bunga, selain itu kota ini disebut juga Paris van Java karena keindahannya. Pantas saja, kota ini merupakan salah satu tempat yang selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi untuk rekreasi karena memiliki banyak destinasi yang menarik. Selain itu Kota yang merayakan ulang tahunnya tiap tanggal 25 September ini dijadikan tujuannya pendidikan karena Bandung memiliki daftar perguruan tinggi dan swasta yang cukup banyak yaitu sekitar 13 PTN dan 22 PTS, selain itu terdapat sekolah tinggi. Salah satunya yaitu kampus kita, Institut Teknologi Bandung yang berada tepat jalan Ganesha No.10, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat yang berada di lokasi strategis. Tidak perlu khawatir, karena kampus kita dikelilingi oleh pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat makan, dan banyak kafe lainnya yang merangkap menjadi tempat mahasiswa untuk berdiskusi bahkan belajar ujian di malam hari.

Plaza Widya merupakan salah satu lokasi Kampus Institut Teknologi Bandung.

Disamping itu terdapat terdapat beberapa sarana sekitar Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai tepat pelepas penat pun juga sebagai tempat belajar dan berdiskusi. Berikut diantaranya:

1. Working Space dan Kafe

Selain belajar di kampus, mahasiswa FTMD ITB juga memiliki beberapa tempat yang dijadikan sebagai tempat belajar diluar kampus, diskusi, maupun hanya sekedar melepas penat. Beberapa tempat tersebut biasanya dilengkapi berbagai fasilitas seperti WiFi gratis, AC, meeting room, area merokok dan bebas rokok, televisi, musik, dan masih banyak lagi. Beberapa tempat tersebut diantaranya Upnormal Sumur Bandung dan Dipatiukur, McDonald’s Simpang Dago, serta Coffee Toffee yang beralamat di Jalan Siliwangi No.14. Namun, tidak semua dari kafe atau tempat makan tersebut buka selama 24 jam. Oleh karena itu, terdapat beberapa co-working space atau study space yang tentunya lebih nyaman karena suasana belajar lebih mendukung serta beroperasi selama 24 jam. Beberapa tempat tersebut diantaranya Eduplex yang berada di Jalan Ir H Juanda No. 84 dan Sans Co. yang beralamat di Jalan Ir H Juanda No. 347. Selain itu, masih banyak tempat lain yang biasa dijadikan mahasiswa FTMD untuk melakukan kegiatan di luar kampus yang terdapat pada gambar-gambar berikut ini.

Kawasan Tempat Makan daerah selatan Kampus ITB.
Description: https://www.ftmd.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/28/2020/12/ARAK0762-1024x575.jpg
Masjid Salman ITB berlokasi di daerah selatan Kampus ITB.

2. Sarana Olahraga

Dalam melakukan kegiatan untuk melepas penat selama kuliah, mahasiswa FTMD baik tingkat TPB maupun jurusan biasanya melakukan beberapa aktivitas olahraga. Kampus ITB Ganesha memiliki fasilitas olahraga yang bernama SARAGA ITB. Fasilitas ini terdiri dari beberapa tempat kegiatan olahraga seperti trek lari, kolam renang, fitness center, lapangan bola, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan tenis, serta lapangan voli. Selain SARAGA, terdapat fasilitas olahraga di luar ITB yang biasa digunakan untuk berolahraga yaitu PASAGA. PASAGA merupakan fasilitas olahraga milik Unpar. Fasilitas yang tersedia di tempat ini meliputi lapangan basket, futsal, maupun voli. PASAGA terletak di Jalan Cisitu Indah VI, Dago, Bandung.

3. Sarana Rekreasi

Description: https://www.ftmd.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/28/2020/12/ARAK0776-1-1024x575.jpg
Salah Satu Taman Rekreasi yaitu Taman Dago berlokasi di Jalan Ir Djuanda.

Padatnya kegiatan di kampus membuat Mahasiswa FTMD memanfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu luang dengan menghabiskan waktunya bersama dengan teman-teman untuk berekreasi atau sekedar refreshing. Mahasiswa tidak perlu bingung untuk mencari destinasi rekreasi karena di Bandung khususnya Kawasan Dago tersebut sarana yang dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk berkumpul dengan teman-teman maupun mencari tempat foto yang menarik. Berbagai sarana rekreasi sekitar ITB diantaranya Taman Hutan Raya, Lebak Siliwangi, dan masih banyak lagi tempat rekreasi lain di Daerah Dago.