1. Himpunan Mahasiswa Jurusan dkjasd

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) memiliki tiga program studi yang masing-masing terdapat lembaga organisasi diantaranya:

1. Himpunan Mahasiswa Teknik Material (MTM)

Himpunan Mahasiswa Teknik Material (MTM) merupakan himpunan resmi yang beranggotakan mahasiswa Teknik Material ITB. MTM ITB didirikan pada tanggal 30 September 1998. Sejak berdirinya, MTM merupakan himpunan yang berdiri atas aspirasi sebagian besar mahasiswa Teknik Material saat itu. Inisiasi pembentukan MTM merupakan gagasan dari seorang mahasiswa Teknik Material angkatan 1994 yang bernama Eko Sugiharto. Sebelumnya aspirasi mahasiswa Teknik Material masih tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM ITB).

Gedung Teknik Material ITB.

Sekretariat MTM beralamat di Kampus ITB Ganesha JL. E, tepatnya berada disamping Labtek X yang merupakan salah satu gedung kuliah utama mahasiswa Teknik Material ITB. Di sekitar sekretariat, terdapat area terbuka dan taman kecil yang biasa dijadikan mahasiswa Teknik Material untuk diskusi, bermain, serta melakukan berbagai kegiatan himpunan yang bersifat outdoor. Di dalam sekretariat terdapat berbagai fasilitas seperti TV, Kulkas, Loker, WiFi, speaker, proyektor, peralatan tenis meja dan masih banyak lagi.

Labtek XI Institut Teknologi Bandung (Labtek Biru).

MTM memiliki beberapa kegiatan yang menjadi ciri khas seperti Materials Matter, Wisuda MTM ITB, EMINEX, dan masih banyak lagi. MTM juga berfokus dalam memperkenalkan rumpun keilmuannya kepada masyarakat melalui media dalam bentuk audio (podcast), visual (infografis), audiovisual (Youtube Video). Selain itu, MTM telah mencetak berbagai prestasi baik akademik dan nonakademik. Untuk informasi lebih lanjut dapat dikunjungi website resmi MTM ITB (http://mtm.ftmd.itb.ac.id) serta berbagai Instagram resmi milik MTM ITB (@mtmitb, @chimpitb, @deformasi.mtm, @dpamtm, @wisudamtmitb).

2. Keluarga Mahasiswa Penerbangan (KMPN)

Keluarga Mahasiswa Penerbangan (KMPN) ‘Otto Lilienthal’ ITB merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang menaungi seluruh Mahasiswa Program Sarjana Teknik Dirgantara Institut Teknologi Bandung. KMPN ITB berdiri pada tanggal 6 Agustus 1997 dengan menjunjung tinggi Pancasila.  KMPN memiliki sekretariat tepat di belakang gedung utama FTMD yang menghadap ke Jalan D Kampus ITB Ganesha. Sekretariat KMPN tepat bersebelahan dengan sekretariat HMM. Maksud dan tujuan dari KMPN ITB adalah untuk mendukung berlangsungnya proses pendidikan di Program Studi Teknik Dirgantara Institut Teknologi Bandung serta menyediakan wadah untuk menampung aspirasi Mahasiswa Teknik Dirgantara Institut Teknologi Bandung melalui asas kekeluargaan. Lebih lanjut mengenai HMM dapat diakses melalui website resmi KMPN ITB (kmpn.ae.itb.ac.id), Instagram resmi KMPN (@kmpn_itb, @ac_itb, @wisudakmpn).

3. Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM)

Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) merupakan himpunan mahasiswa resmi yang beranggotakan mahasiswa Teknik Mesin ITB. Pada awalnya, HMM memiliki nama Himpunan Mahasiswa Bangunan Mesin dan Listrik yang dibentuk pada Desember 1946. Kemudian, pada Maret 1956 resmi berganti nama menjadi HMM, dengan Robert Sufsidi sebagai ketua umumnya. HMM memiliki sekretariat tepat di belakang gedung utama FTMD yang menghadap ke Jalan D Kampus ITB Ganesha. Sekretariat HMM bersebelahan dengan sekretariat KMPN. Sekretariat HMM cukup strategis karena berada tepat di antara beberapa gedung kuliah dan kantin seperti Gedung FTMD, Laboratoria Mesin, GKU-B, Kantin GKU-B dsb. HMM memiliki beberapa kegiatan besar seperti M-Days, Wisuda HMM, CMM, dan masih banyak lagi. Lebih lanjut mengenai HMM dapat diakses melalui website resmi HMM ITB (hmm.itb.ac.id), Instagram resmi HMM (@hmm_itb, @career.hmm, @meifitb, @wisudahmmitb).

Salah satu Laboratorium Teknik Mesin ITB.

2. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Tunnel ITB merupakan Salah Satu Kawasan Lokasi Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa.

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan salah satu wadah berkembang bagi mahasiswa di samping himpunan yang bergerak dalam ranah minat, bakat, kreasi, dan hobi dari tiap mahasiswanya. Unit Kegiatan Mahasiswa ini tersebar di berbagai ranah diantaranya ranah keagamaan, olahraga, pendidikan, kajian, media, dan kesenian budaya. Unit kegiatan mahasiswa bersifat otonom di dalam struktur KM ITB akan tetapi tetap memiliki hubungan koordinatif dengan Kabinet KM ITB. Selama perjalanannya, unit memiliki wewenang penuh atas program dan aktivitas semua anggota UKM. Selain itu terdapat wadah pengabdian kemasyarakatan lainnya yang dapat diikuti oleh mahasiswa berupa berkolaborasi, berkarya, dan berinovasi untuk menghasilkan ide-ide yang berdampak untuk masyarakat sekitar.