Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB

Lulusan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkesempatan untuk membangun karir di Lembaga Pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), Bidang Akademik atau Penelitian, bahkan membangun usaha sendiri sebagai enterpreneur.

Grafik Batang di bawah adalah data lulusan FTMD tahun 2012 berkaitan dengan status pekerjaan yang dikumpulkan oleh ITB Career Center. Sebanyak 70% atau lebih lulusan sarjana Teknik Mesin, Teknik Material, dan Teknik Dirgantara sudah memiliki pekerjaan. Dari lulusan yang sudah bekerja, keseuaian antara kuliah dan pekerjaan untuk Teknik Mesin sebesar 70%, Teknik Dirgantara sebesar 68%, dan Teknik Material sebesar 52% sementara sisanya bekerja di bidang teknik lainnya atau di bidang administrasi/manajemen/finansial.

Kesempatan kerja yang luas untuk bekerja di berbagai sektor kehidupan dapat terbuka berkat salah satu filosofi pendidikan ITB dan diterapkan juga oleh FTMD yang bertujuan menciptakan lulusan yang mampu beradaptasi dan berlatih sendiri mengikuti perkembangan zaman yang cepat dan bukan menciptakan lulusan yang langsung siap bekerja. Tujuan tersebut dipilih agar para alumni ITB memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi untuk beradaptasi di dunia professional, yang tentunya banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi baru dan dinamika global yang terus berubah. 

Adapun secara khusus sektor-sektor lapangan pekerjaan yang diisi oleh lulusan FTMD adalah sebagai berikut,

  • Teknik Mesin

Teknik Mesin dapat diterapkan hampir di setiap aspek peralatan dan proses yang tersedia. Bidang-bidang yang dapat diisi oleh lulusan Teknik Mesin diantaranya 

  • Bidang Otomotif

Menjadi bagian dalam proses desain, manufaktur, quality control, dan lain sebagainnya dalam industry otomotif (motor, mobil, truk, dan bahkan kendaraan-kendaraan berat).

  • Bidang Manufaktur

Setiap industry yang berkaitan dengan mesin-mesin seperti pabrik peralatan sehari-hari (obat, sandang, pangan), pabrik produksi mesin dan pabrik otomotif (roda dua, roda empat, truk sampai alat berat).

  • Bidang Pengoperasian dan Perawatan

Sektor industry yang menggunakan mesin pasti memerlukan adanya perawatan untuk mencapai biaya operasi yang rendah, memperbaiki kerusakan, meningkatkan produktivitas, dan memaksimalkan keuntungan 

  • Bidang Pembangkit Energi

Berkaitan dengan komponen-komponen mesin pembangkit listrik seperti turbin, pompa, kompresor, peralatan hidraulik, boiler, fan/blower, peralatan kendali dan jaringan jala-jala listrik.

  • Bidang Minyak dan Gas

Mencakup proses pengeboran (drilling) sampai proses pengoperasian dan perawatan alat-alat produksi minyak dan gas.

  • Teknik Dirgantara

Sektor lapangan pekerjaan yang secara khusus memerlukan dedikasi dari lulusan teknik dirgantara untuk bekerja di dalamnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu,

  • Sektor Industri Kedirgantaraan

Mencakup industri manufaktur (PT DI), Lembaga Komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar. Industri jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas)

  • Sektor Lembaga Penerbangan

Meliputi lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN)., embaga pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.) dan Lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan).

Tidak terbatas hanya pada sektor-sektor lapangan pekerjaan di tingkat nasional, para lulusan teknik dirgantara juga sudah ada yang bekerja di industri manufaktur pesawat dunia, seperti Embraer, Brasil; Boeing, Amerika Serikat; de Havilland, Canada dan juga Airbus, Eropa (Perancis, Jerman dan Inggris). Beberapa lulusan lain bekerja di industri jasa penerbangan internasional seperti Cathay Pacific dan Air Asia, serta di lembaga penelitian/pendidikan luar negeri, seperti NLR, Belanda; NTU, Singapura.

  • Teknik Material

Lulusan Teknik Material dapat membangun karier di berbagai bidang sebagai berikut,

  • Bidang Industri Manufaktur

Berperan di berbagai industri yang berkaitan dengan material dalam proses produksi, pengembangan produk, pengawasan mutu dan kualitas produk serta perawatan peralatan.

  • Bidang Energi dan Sumberdaya Mineral

Menjadi insinyur pengelasan, inspeksi dan perawatan alat-alat produksi

  • Bidang Pendidikan

Menjadi pengajar di perguruan tinggi, training keahlian industri, dan sebagainnya.

Lulusan FTMD dipermudah dalam berhubungan dengan berbagai perusahaan berkat ITB Career Center. ITB Career Center memfasilitasi para alumni ITB melalui kegiatan rekrutmen, diskusi karir, dan pameran lowongan pekerjaan yang sering diadakan. ITB Career Center juga menyediakan berbagai macam data terkait karir para alumni ITB, termasuk lulusan FTMD.

Beberapa contoh pengguna lulusan FTMD:

Logo, company name

Description automatically generated