PROGRAM STUDI SARJANA
TEKNIK MATERIAL

Without materials,
there is no engineering.

Dr. rer. nat. Mardiyati, S.Si., M.T.

Ketua Program Studi
Sarjana Teknik Material

Teknik Material merupakan disiplin ilmu yang masih relatif baru dalam sains dan teknik, dan masih berkembang bersama dengan disiplin ilmu lainnya.

Dalam bidang teknik, mahasiswa Teknik Material mempelajari penggunaan pengetahuan ilmu material untuk memecahkan masalah. Sedangkan dalam bidang ilmu pengetahuan, mahasiswa Teknik Material belajar bagaimana menghubungkan antara struktur material dengan sifatnya.

Kedua bidang dalam Teknik Material tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas material yang sudah ada dan mengembangkan material baru, dengan cara membangun pemahaman yang dalam tentang hubungan struktur mikro-komposisi kimia-sintesis-proses.

Program Sarjana Teknik Material menggunakan sistem satuan kredit semester (SKS). Mahasiswa akan menuntaskan 144 SKS yang dirancang untuk menyelesaikan dalam jangka waktu empat tahun dalam perkuliahan.

Tahap Persiapan Bersama

Pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa FTMD ITB menempuh perkuliahan sebagai mahasiswa satu fakultas. Mereka akan mempelajari semua program studi atau disebut Tahap Persiapan Bersama (TPB). Setelah TPB terlewati, mahasiswa akan melakukan peminatan kepada ketiga program studi (Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, Teknik Material). Kemudian, akan dievaluasi oleh tim fakultas dan diarahkan kepada program studi yang sesuai dengan minat dan bakat para mahasiswa.Pada tahap TPB, mahasiswa FTMD ITB seperti mahasiswa di fakultas lain yang akan menerima 36 SKS yang didominasi oleh mata kuliah dasar seperti Matematika, Fisika, Kimia, Pengantar Rekayasa & Desain. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan tiga mata kuliah dari Fakultas yaitu Pengenalan Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material, serta Gambar Teknik & Statika Struktur.

Tahun Kedua dan Ketiga

Pada tahun kedua, mahasiswa akan melalui tahap seleksi untuk masuk ke program studi pilihanya. Untuk mahasiswa yang masuk ke program sarjana Teknik Material, pada tahun kedua dan ketiga mereka akan menerima kuliah dasar dari program studi teknik material. Mahasiswa bisa mengambil 36 SKS dalam satu tahun atau 18 SKS per semester. Mahasiswa dapat mengambil lebih dari 18 SKS per semester apabila memenuhi syarat tertentu. Dalam hal ini konsultasi dan persetujuan dengan dosen wali penting untuk dilaksanakan oleh mahasiswa. Mata kuliah akan diberikan pada tahap ini melingkupi, Materi Mengenai Dasar-Dasar Mekanika & Karakterisasi Material, serta Pemrosesan Pemilihan dan Perancangan Material. Beberapa materi juga mencakup Materi Ilmu Kimia yang spesifik untuk teknik material seperti halnya Kimia Fisik, Polimer dan Elektrokimia. Materi-materi tersebut, sebagian akan diberikan melalui kegiatan praktik di Laboratorium, seperti mata kuliah laboratorium Teknik Material yang diberikan dalam tiga semester berbeda, ditambah lagi dengan tugas proyek berkelompok.

Tahun Keempat

Pada tahapan akhir program studi, mahasiswa akan melakukan kerja praktik di Industri. Kemudian, mahasiswa akan melakukan tugas akhir sesuai dengan kelompok keahlian yang diminati-nya. Selain itu, mahasiswa akan diperkenankan mengambil mata kuliah pilihan baik di dalam maupun di luar Program Studi Teknik Material. Pada program studi teknik dirgantara terdapat lebih dari 20 mata kuliah pilihan yang dapat diambil untuk menunjang pelaksanaan tugas akhir. Kemudian, mahasiswa akan melakukan ujian komprehensif dan sidang tugas akhir untuk melengkapi studinya di program sarjana.

*Pada Program Studi Teknik Material, khususnya program Reguler. Saat ini terdapat satu program sarjana dan dua program pascasarjana (magister dan doktoral), Masing-masing lulusan program bergelar Sarjana Teknik (ST.), Magister (MT.) dan Doktor (Dr.).

KELAS REGULER DAN JALUR INTERNASIONAL
INFORMASI SELENGKAPNYA