Program Fast-track di FTMD

Program Fast-track di FTMD pertama kali dilaksanakan bagi mahasiswa program sarjana yang masuk pada tahun akademik 2004/2005. Program ini pada dasarnya memberikan kemudahan bagi mahasiswa program sarjana yang ingin melanjutkan ke jenjang magister. Di lingkungan FTMD sendiri, program fast-track sudah dilakukan pada ketiga program studi, yaitu Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian program sarjana, pada dasarnya di tahun kedua-ketiga, mahasiswa sudah boleh mengambil mata kuliah lebih dari 18 SKS. Salah satu syarat umum diantaranya memiliki Indeks Prestasi (IP) yang baik. Dengan demikian, bagi beberapa mahasiswa, tahun keempat program sarjana bisa saja memiliki beban perkuliahan kurang dari 36 SKS. Hal inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan mahasiswa apabila ingin mengambil program Fast-track. Mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah wajib maupun pilihan dari program magister pada tahun keempat program sarjananya.

Apabila mahasiswa telah mengisi tahun keempat program sarjananya dengan beberapa mata kuliah dari porgram magister, maka diharapkan kemudian mahasiswa setelah lulus dari program sarjana dapat langsung melanjutkan ke program magister selama satu tahun. Sehingga total waktu bagi mahasiswa untuk melaksanakan program sarjana dan magister adalah lima tahun.

Bagi mahasiswa program sarjana yang memiliki minat untuk mengikuti program Fast-track, dianjurkan untuk berkomunikasi dengan Dosen Wali dan calon pembimbing Tugas Akhir Sarjana pada akhir tahun ketiga. Dengan demikian baik Dosen Wali dan juga calon pembimbing Tugas Akhir Sarjana dapat melakukan evaluasi sebelum mahasiswa memulai program fast-track dan dapat diinformasikan lebih lanjut pada Ketua Program Studi Sarjana & Magister terkait. Dalam melaksanakan Tugas Akhir Sarjana hingga Tesis pun kemudian akan dirancang untuk memiliki kesinambungan dalam aspek penelitian, Sehingga penelitian yang dilakukan untuk Tesis adalah kelanjutan dari Tugas Akhir Sarjana.

Adapun, apabila menjelang kelulusan program sarjana, mahasiswa tidak lagi berminat untuk melanjutkan program Fast-track, mata kuliah program magister yang telah diambil dapat dimasukkan ke dala transkrip akhir sarjana sebagai mata kuliah pilihan. Satu kelebihan lain dari program Fast-track adalah voucher biaya kuliah selama studi program magister selama satu tahun. Artinya apabila mahasiswa melanjutkan ke program magister, akan bebas biaya studi selama satu tahun.