Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

1 Agu, 2022 Komitmen ITB dan PT Charoen Pokphand Indonesia Untuk Terus Kembangkan Pengering Jagung Bergerak

Bandung - Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK), Institut Teknologi Bandung dan PT Charoen Pokphand Indonesia berupaya terus berinovasi untuk…

Read more
29 Jul, 2022 Masyarakat Harus Bersiap Hadapi Revolusi Industri 5.0

Makassar - Perkembangan teknologi seiring dengan perubahan zaman. Semakin hari, teknologi semakin maju dan hebat. Tentunya jika tidak bisa beradaptasi…

Read more
25 Jul, 2022 FTMD Gelar Syukuran Wisuda Juli 2022, Total 107 Mahasiswa Dinyatakan Lulus

Bandung - Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung menggelar syukuran wisuda Juli 2022. Sebanyak 107 mahasiswa Sarjana, Magister…

Read more

Program Akademik

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

Program Studi Teknik Mesin

Pada program studi teknik mesin, saat ini terdapat program sarjana (regular dan internasional) dan dua program pascasarjana (magister dan doktoral), serta program Fast-track sarjana ke magister.

Program Studi Teknik Dirgantara

Pada program studi teknik dirgantara, saat ini terdapat program sarjana (regular dan internasional) dan dua program pascasarjana (magister dan doktoral), serta program Fast-track sarjana ke magister.

Program Studi Teknik Material

Pada program studi teknik material, saat ini terdapat satu program sarjana dan dua program pascasarjana (magister dan doktoral), serta program Fast-track sarjana ke magister.

FTMD ITB akan berupaya untuk dapat memperoleh reputasi di kancah global dan internasional dengan tetap berkontribusi pada kepentingan bangsa.

Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, MT
Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara - ITB

Penelitian

Kelompok Keahlian

FTMD ITB memiliki 7 (tujuh) Kelompok Keahlian/Keilmuan (KK) untuk menjalankan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di lingkungan FTMD seperti dapat dilihat sebagai berikut:

  • KK Perancangan Mesin

    KK Perancangan Mesin (PM) melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang desain komponen dan peralatan mekanik, analisis tegangan mekanik dan getaran struktur, hingga pemilihan material mesin serta teknologi kendaraan.

  • KK Konversi Energi

    KK Konversi Energi (KE) melibatkan penelitian terkait aspek termodinamika, perpindahan panas, dan mekanika fluida serta aplikasi teknik pembangkit tenaga, teknik sistem pendinginan, berikut juga aspek energi baru dan terbarukan.

  • KK Teknik Produksi Mesin

    KK Teknik Produksi Mesin (TPM) melakukan penelitian dan pengembangan sistem produksi, teknologi manufaktur, metrologi industri, serta robotika dan otomatisasi untuk menuju digital manufacturing.

  • KK Struktur Ringan

    KK Struktur Ringan (SR) melakukan penelitian pada bidang pengembangan metode, desain, analisis dan aplikasi dari tipe struktur yang memiliki aspek penghematan berat yang cukup signifikan dibandingkan struktur pada umumnya.

  • KK Fisika Terbang

    KK Fisika Terbang (FT) melakukan penelitian yang berhubungan dengan fenomena fisika dan juga pengendalian dari suatu wahana terbang melalui aspek aerodinamika, astrodinamika dan teknik kendali baik secara teoretikal, eksperimental, maupun komputasional.

  • KK Desain, Operasi dan Perawatan Pesawat Terbang

    KK Desain, Operasi dan Perawatan Pesawat Terbang (DOPPT) melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi serta meminimalkan dampak sosial/lingkungan dari transportasi udara global.

  • KK Ilmu dan Teknik Material

    KK Ilmu dan Teknik Material (ITM), mempelajari semua aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat/ karakteristik material berdasarkan kategori material yang berbeda, seperti logam, komposit, polimer, keramik, biomaterial.

Galeri Foto

FTMD - AE

FTMD - MT

FTMD - New Normal

FTMD

Information Center

ITB

Kebun FTMD

Labtek Biru

Berita Terbaru