Satu inovasi dilakukan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung dengan merevitalisasi kolam mesin menjadi Teras FTMD.

Teras FTMD adalah sebuah ruang terbuka publik dengan menerapkan energi terbarukan dan desain teknologi mekanikal terkini serta semangat solidaritas yang menjadi ciri khas FTMD.

Bagi keluarga FTMD, kolam mesin bukan nama asing ditelinga. Pada awalnya kolam mesin difungsikan sebagai pendingin mesin uap namun lokasi ini menjadi tempat legendaris, bersejarah dan penuh kenangan bagi banyak orang karena ritual seremoni kelulusan yang telah dilakukan sejak angkatan pertama.

Ritual ini berjalan selama setengah abad namun dihentikan pada 2009 lalu karena beberapa pertimbangan. Beberapa tahun setelahnya bergulirlah rencana untuk melakukan revitalisasi.

Lantaran berada di area ruang terbuka hijau sehingga tidak bisa didirikan sebuah bangunan, pada akhirnya diputuskan untuk membuat sebuah ruang terbuka publik yang bermanfaat untuk keluarga FTMD.

Teras FTMD mulai dirancang awal 2021 dengan 10 kali literasi desain arsitektur dan memakan waktu 6 bulan untuk finalisasi termasuk observasi yang dilakukan oleh tim.

Diharapkan Teras FTMD mampu mewadahi kegiatan istirahat, diskusi dan belajar bersama keluarga ITB dan menjadi tempat silaturahmi para almuni bahkan tempat pertemuan rekanan.

Teras FTMD akan menjadi laboratorium peraga secara langsung bagi mahasiswa dan pengunjung di FTMD sehingga pengunjung dapat melihat mekanisme gerak dan energi terbarukan. Teras FTMD akan menjadi tempat ikonik dan kenangan serta menjadi kebanggaan bagi FTMD dan ITB.

Proses pembangunan sendiri diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp7 miliar dengan lama pembangunan yaitu sekitar 8 hingga 12 bulan.

Proses peletakan batu pertama telah dilakukan pada 10 November 2021 lalu dan saat ini proses penggalangan dana masih terus dilakukan melalui terasftmd.solidarityforever.or.id.