Bandung-Pada tanggal 2 November 2023, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) Menerima kunjungan dari delegasi Vilnius Gediminas Technical University (Vilnius Tech). Kepala Departemen Teknik Biomekanik, Prof. Julius Griskevicius disambut hangat oleh mahasiswa dan perwakilan FTMD yaitu Dr.Eng. Ir. Ferryanto. Tujuan utama dari kunjungan Prof. Julius adalah untuk menjajaki potensi kerjasama dalam program pertukaran pelajar antara ITB dan Vilnius Tech. Tujuan lain dari pertemuan ini juga berfungsi sebagai media untuk memberi informasi dan menjelajahi peluang kolaborasi lainnya di masa yang akan datang.

Dalam presentasinya, Prof. Julius memperkenalkan Vilnius Tech kepada mahasiswa dan menjelaskan peluang yang dapat dijajaki dalam program-program yang tersedia di Vilnius Tech. Vilnius Tech merupakan universitas yang berada di Ibu Kota Lithuania, Vilnius dengan luas area kota mencapai 65.300 KM dan jumlah populasi sebesar tiga juta jiwa. Prof Julius juga menjelaskan tentang peringkat Vilnius Tech yang mencapai kedudukan di 2,1% perguruan tinggi terbaik di dunia. Hal ini juga didukung dengan kedudukan QS nomor 32 di Uni Eropa dan Asia Tengah pada tahun 2022.

Prof. Julius juga menyebutkan bahwa Vilnius Tech memiliki 10 fakultas yang beragam, dari Fakultas Teknik, Industri Kreatif, Hingga Manajemen Bisnis. Baik program sarjana ataupun magister, beberapa diantara fakultas tersebut berjalan dengan program berbahasa Inggris. Selain itu Vilnius Tech memiliki 110 program studi yang didukung 13 institusi, tiga pusat ilmiah, dan 30 laboratorium riset. Lewat pemaparannya juga, Prof. Julius memperlihatkan kualifikasi beasiswa yang bisa didapatkan baik beasiswa parsial maupun beasiswa penuh, hal itu disampaikan karena Vilnius Tech merupakan universitas yang dibiayai oleh negara.

Dari 10 fakultas yang ada, terdapat lima prodi yang berkorelasi dengan FTMD yaitu Department of Mechanical and Materials Engineering, Department of Mechatronics, Robotics and Digital Manufacturing, Department of Biomechanical Engineering, Institute of Mechanical Science, dan Technical Creativity and Innovation Center. Prof. Julius juga menambahkan bahwasanya Vilnius Tech merupakan universitas yang unik karena selain berfokus pada sektor manufaktur, mereka juga berfokus kepada kebutuhan pasar dan manajemen inovasi di dunia industri.

Selain memberikan penjelasan mengenai Vilnius Tech, Prof. Julius juga membagikan rincian biaya hidup, geografis Lithuania, dan ragam kuliner. Meskipun berada di Benua Eropa, Lithuania merupakan negara yang memiliki biaya hidup yang relatif lebih rendah dari negara Eropa lainnya. Perkiraan Prof. Julius untuk biaya hidup di asrama Vilnius berkisar 500-700€ perbulannya. Namun untuk program pertukaran pelajar dari partner institusi yaitu FTMD ITB, segala jenis bentuk akomodasi untuk mahasiswa internasional dijamin dan ditanggung oleh kampus. 

Kolaborasi kerjasama ini merupakan peluang emas bagi mahasiswa FTMD yang hendak mengikuti progam Student Exchange. Selain mendapatkan pengalaman belajar di luar negri, Student Exchange ini juga menjadi wadah untuk berkolaborasi, mencari relasi, dan pertukaran budaya lintas benua. Diharapkan dengan kolaborasi ini, mahasiswa FTMD dapat mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari Negeri Eropa dan mengimplementasikannya untuk almamater, bangsa dan negara.

Written by M Bintang Alriza Editor : Ainayya Azzahra